Bahaya Bronkitis Pada Anak

Bahaya Bronkitis Pada Anak .- Bronkitis adalah gangguan pernapasan yang tidak boleh dianggap sepele karena bisa berbahaya utamanya jika terjadi pada anak dan bayi, berikut ini kami paparkan bahaya bronkitis yang bisa terjadi ketika tidak diatasi dengan tuntas.

Bahaya Bronkitis

Bahaya Bronkitis Pada Anak

Bronkitis adalah salah satu penyakit paru yang kerap dialami oleh anak-anak dan bayi yakni kondisi dimana saluran utama dari paru paru ( bronkus ) yang berfungsi sebagai penahan debu dan partikel lain agar tidak masuk ke paru-paru mengalami inflamasi atau peradangan.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan penderitanya mengalami tersiksa dan merpotkan hingga menyebabkan penderita terlihat kepayahan pada saat bernapas.

Indikasi atau gejala seseorang terkena penyakit bronkitis adalah penderita akan mengalami batuk terus menerus disertai lendir berwarna kuning atau kehijauan, kelahan dan nyeri ditenggorokan pada saat batuk, sesak napas, hidung tesumbat hingga dada terasa nyeri atau tidak nyaman.

Sebab dari munculnya penyakit bronkitis adalah infeksi paru paru yang disebabkan oleh virus, kondisi tersebut menyebabkan bronkus menghasilkan mukosa atau lendir lebih banyak dan tubuh akan berusaha mengeluarkan endir atau mukosa yang berlebihan dengan cara batuk.

Selain penyakit infeksi paru paru, merokok juga bisa menyebabkan bronkitis dimana tiap isapan rokok berpotensi merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru yang disebut rambut silia.

Padahal rambut silia berfungsi menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi, dan mukosa atau lendir yang berlebihan.

Setiap penderita penyakit bronkitis wajib melakukan pemeriksaan secara medis jika mengalami beberapa kondisi sebagai berikut :

  • Batuk yang dialami lebih parah dan bertahan lebih lama dari tiga minggu.
  • Mengalami demam selama lebih dari tiga hari.
  • Batuk berdahak yang diikuti dengan darah.
  • Anda menderita penyakit jantung atau paru-paru yang jadi penyebab dasarnya. Misalnya penyakit asma, emfisema, atau gagal jantung.

Hal tersebut menandakan bahwa penyakit bronkitis yang diderita sudah semakin parah sehingga perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat, jika tidak maka penyakit bronkitis bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Bahaya Bronkitis Jika Tidak Segera Diatasi

Berikut ini adalah bahaya bronkitis yang bisa terjadi ketika penyakit tersebut tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan serius, yakni :

1. Pneumonia

Ketika penyakit bronkitis tidak diatasi dengan tuntas maka bisa berkembang dan menyebar ke bagian paru paru sehingga bisa menimbulkan masalah baru seperti pneumonia atau paru paru basah yakni kondisi dimana kantung udara dibagian paru paru terisi cairan berlebih dan ini merupakan hal yang paling sering terjadi sebagai komplikasi bronkitis.

Kondisi tersebut akan membuat fungsi paru paru menurun dan penderita akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut :

  • Demam
  • Berkeringat dan menggigil.
  • Batuk kering atau batuk dengan dahak kental berwarna kuning, hijau, atau disertai darah.
  • Napas terengah-engah dan pendek.
  • Rasa sakit pada dada ketika menarik napas atau batuk.
  • Mual atau muntah.
  • Diare.
  • Kelelahan.

2. Efusi Pleura

Selanjutnya penyakit bronkitis bisa menyebabkan efusi pleura atau menumpuknya cairan di antara kedua lapisan plura yakni membran yang memisahkan paru paru dengan dinding dada bagian dalam.

Ketika cairan sudah menumpuk maka jelas akan menggangu kerja dan fungsi dari paru paru yang ditandai dengan : nyeri dada saat menarik dan membuang napas, batuk, demam, dan sesak napas.

3. Sesak Napas Akut

Jika penyakit bronkitis yang diderita sudah parah maka bisa mengakibatkan penderita mengalami sesak napas akut bahkan benar-benar mengalami kesulitan bernapas sehingga perlu mendapatkan bantuan pernapasan dan mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

4. Kematian

Bahaya bronkotis selanjutnya adalah penderita bisa terancam nyawanya, tak jarang penderita bronkitis yang meninggal karena lengah saat masa pengobatan.

Mengingat efek atau bahaya bronkitis sangat serius maka jangan pernah anggap sepele penyakit bronkitis segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami gejala bronkitis.

Pengobatan secara medis adalah salah satu syarat utama dalam penanganan penyakit bronkitis sehingga setiap orang yang mengalami gejala bronkitis untuk segera memeriksakan diri kepada dokter atau pusat kesehatan terdekat.

Biasanya dokter akan memberikan obat antiradang NSAID guna membantu menghentikan peradangan yang terjadi.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah penderita harus menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat seperti :

  • Mengonsumsi makanan sehat sehingga tubuh memiliki daya tahan untuk membantu mencegah infeksi paru-paru dan seluruh sistem saluran pernapasan.
  • Olahraga ringan dan teratur agar berat badan stabil dan sistem pernapasan terlatih. Kelebihan berat badan membuat tubuh menanggung beban pada sistem pernapasan yang membuat bernapas pun lebih sulit. olahraga akan melatih paru-paru dan jantung untuk bekerja lebih efisien dan optimal.
  • Menghindari lingkungan berasap kabut.
  • Berhenti merokok dan hindari sebisa mungkin menjadi perokok pasif. Terpapar asap rokok sebagai perokok pasif kini diketahui sama berbahayanya seperti perokok aktif.

Selain itu penderita bronkitis juga bisa melakukan pengobatan bronkiris secara alami yang mana cara ini jauh lebih aman karena tidak akan menimbulkan efek samping , utamanya jika yang mengalami bronkitis anak-anak dan bayi cara ini jauh lebih aman.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya penyakit bronkitis ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

One thought to “Bahaya Bronkitis Pada Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *