Buah Yang Baik Untuk Orang Sakit Paru Paru

Selain mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter atau obat infeksi paru paru tradisional, orang sakit paru paru juga bisa mengkonsumsi buah tertentu dan berikut ini adalah daftar buah yang baik untuk orang sakit paru paru.

Buah Yang Baik Untuk Orang Sakit Paru Paru

Buah Yang Baik Untuk Orang Sakit Paru Paru

Salah satu jenis penyakit paru paru yang paling sering ditemukan kasusnya adalah infeksi paru paru yakni kondisi dimana terjadinya peradangan pada jaringan paru paru yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri, parasit, jamur atau virus yang menyerang bagian paru.

Ada banyak jenis penyakit infeksi paru paru yakni : pneumonia (paru-paru basah), TBC, bronkitis dan lain sebagainya.

Terjadinya infeksi pada paru paru adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele karena bisa berdampak buruk dan menimbulkan bahaya hingga mengancam jiwa orang yang menderitanya utamanya jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Dari beberapa jenis penyakit infeksi paru paru tersebut pneumonia (paru-paru basah) adalah yang paling sering ditemukan kasusnya dan identik disebut dengan penyakit infeksi paru paru.

Pneumonia sendiri adalah kondisi dimana terjadinya inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Akibat inflamasi tersebut sekumpulan kantong udara kecil yang seharusnya berisi udara akan terisi oleh cairan dan membengkak.

Berikut ini adalah beberapa gejala pneumonia yang umumnya terjadi, yakni :

  • Demam.
  • Berkeringat dan menggigil.
  • Batuk kering atau batuk dengan dahak kental berwarna kuning, hijau, atau disertai darah.
  • Napas terengah-engah dan pendek.
  • Rasa sakit pada dada ketika menarik napas atau batuk.
  • Mual atau muntah.
  • Diare.
  • Kelelahan.

Segera lakukan tindakan dan pengobatan yang cepat dan tepat jika beberapa gejala tersebut anda alami sehingga hal buruk atau bahaya infeksi paru paru yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Beberapa tindakan atau penganganan yang dapat anda lakukan sendiri di rumah untuk meringankan gejala yang mucul adalah sebagai berikut :

  1. Mengonsumsi analgesik (obat pereda sakit) seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan dan menurunkan demam. Tetapi, hindari konsumsi ibuprofen jika Anda memiliki alergi terhadap aspirin, obat anti inflamasi nonstereoid lain, atau menderita asma, tukak lambung, dan gangguan hati atau pencernaan.
  2. Berhenti merokok karena kebiasaan ini dapat memperburuk pneumonia.
  3. Menghindari konsumsi obat batuk karena batuk berfungsi membantu Anda mengeluarkan dahak dari paru-paru. Meredakan batuk bisa mengakibatkan durasi infeksi yang lebih lama. Obat batuk juga belum terbukti efektif secara medis. Air hangat bercampur madu dan lemon bisa membantu mengurangi batuk Anda.
  4. Konsumsi obat herbal infeksi paru paru
  5. Konsumsi buah yang baik untuk orang sakit paru paru

Buah Yang Baik Untuk Orang Sakit Paru Paru

Berbicara mengenai buah yang baik untuk orang sakit paru paru maka buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah buah yang paling bagus dikonsumsi oleh penderita paru paru guna membantu meringankan gejala sekaligus membantu proses penyembuhan penyakit.

Berikut ini adalah contoh buah yang baik untuk orang sakit paru paru, yakni :

– Apel

Salah satu buah yang bagus dikonsumsi oleh orang yang menderita infeksi paru paru adalah buah apel karena didalamnya terkandung Flavonoid yakni kandungan antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan dan membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi sehingga peradangan yang terjadi pada paru paru bisa diatasi.

– Pisang

Pisang mengandung antioksidan berupa vitamin C yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan dan memusnahkan bakteri penyebab infeksi paru paru.

Lebih dari itu pisang juga dapat membantu memenuhi kebutuhan energi bagi penderita infeksi paru paru sehingga penderita tidak merasa atau mudah lemas.

– Nanas

Selanjutanya buah yang baik untuk orang sakit paru paru adalah buah nanas dimana didalamnya terdapat kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga virus dan bakteri tidak menyebar.

– Buah Jeruk

Selain nanas, buah jeruk juga mengandung sumber antioksidan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi yang terjadi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda penderita infeksi paru paru.

Selain jeruk, lemon dan kiwi juga merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh anda penerita infeksi paru paru.

– Buah Jenis Berry

Selanjutnya buah yang banyak mengandung antioksidan sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru adalah buah jenis berry seperti strawberry, blue berry, gojiberry dan lainnya.

Semua buah jenis berrry tersebut terbukti memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat bagus untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada tubuh termasuk paru paru.

Nah itulah contoh buah yang baik untuk orang sakit paru paru yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari guna meringankan gejala sekaligus membantu proses penyembuhan penyakit. Dan yang tak kalah penting adalah penderita infeksi paru paru juga harus mengindari pantangan makanan bagi penderita infeksi paru paru.

Demikianlah informasi singkat tentang buah yang baik untuk orang sakit ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *