Gejala Bronkitis Pada Anak

Mengingat bronkitis berbahaya, maka penting mengetahui gejala bronkitis pada anak guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat sehingga dampak buruk atau bahaya akibat bronkitis bisa diminimalisir.

gejala bronkitis pada anak

Gejala Bronkitis Pada Anak Dan Cara Mengatasinya Sendiri Dirumah

Bronkitis adalah salah satu jenis penyakit paru paru yang cenderung terjadi atau menyerang anak-anak yakni kondisi dimana terjadinya peradangan akibat infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru paru ( bronkus ).

Kondisi tersebut jelas dapat menimbulkan gangguan pernapasan serta bisa menimbulkan efek berbahaya ketika tidak diatasi dengan serius.

Bronkus sendiri adalah saluran udara pada paru paru yang berfungsi membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya. Dinding bronkus menghasilkan lendir atau mukosa yang berguna untuk menahan debu dan partikel lain agar tidak masuk ke paru-paru, karena jika masuk bisa menimbulkan iritas.

Bronkitis terbagi kedalam dua jenis yakni bronkitis akut yaitu gejala bronkitis muncul hanya dalam 2-3 minggu saja, kondisi ini umumnya dialami oleh anak usia dibawah 5 tahun.

Kedua bronkitis kronis adalah gejala muncul dalam beberapa minggu yakni minimal tiga bulan hingga satu tahun dan terjadi secara berulang ( kambuhan ).

Sebab munculnya penyakit bronkitis akut atau bronkitis yang sering terjadi pada anak-anak adalah infeksi virus. Infeksi yang terjadi menyebabkan bronkus menghasilkan lendir atau mukosa lebih banyak dan tubuh akan berusaha mengeluarkan lendir yang berlebih dengan cara batuk.

Sementara itu bronkitis kronis yakni bronkitis yang terjadi pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok.

Setiap kali menghisap roko maka asap yang masuk kedalam paru paru berpotensi merusak rambut silia. Fungsi dari rambut silia tersebut adalah sebagai penghalau dan penyapu debu, iritasi, dan mukosa atau lendir yang berlebihan.

Seiring berjalannya waktu maka rambut silia bisa mengalami kerusakan secara permanen, dan jika kondisi tersebut terjadi maka kotoran tidak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal.

Lendir dan kotoran yang menumpuk di dalam paru-paru membuat sistem pernapasan menjadi lebih rentan terserang infeksi.

Gejala Bronkitis Pada Anak Dan Dewasa

Indikasi atau gejala bronkitis pada anak dan dewasa secara umum, hampir sama yakni sebagai berikut :

  • Batuk-batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau.
  • Sakit pada tenggorokan.
  • Sesak napas.
  • Hidung beringus atau tersumbat.
  • Sakit atau rasa tidak nyaman pada dada.
  • Kelelahan.
  • Demam ringan.

Sementara itu gejala bronkitis pada anak dan dewasa jika sudah masuk kategori parah maka akan disertai kondisi berikut :

  1. Batuk yang dialami lebih parah dan bertahan lebih lama dari tiga minggu.
  2. Mengalami demam selama lebih dari tiga hari.
  3. Batuk berdahak dan berdarah

Dianjurkan segera menemui dokter jika kondisi tersebut mulai dialami oleh anda atau orang terdekat anda karena kondisi tersebut perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan secara intensif dirumah sakit.

Jika tidak diatasi dengan serius, maka penyakit bisa semakin parah dan berkembang hingga menimbulkan komplikasi berupa pneumonia yakni kondisi dimana kantong udara dalam paru-paru terisi dengan cairan yang menyebabkan penderita akan kesulitan bernapas.

Cara Mengobati Bronkitis Sendiri Dirumah

Meski saat ini belum diketahui ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit bronkitis namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri dirumah guna meringankan dan meredekakan gejala yang muncul.

  1. Istirahat total
  2. Konsumsi banyak air putih guna membantu mengencerkan lendir sehingga mudah terangkat dari paru paru serta mencegah terjadinya dehidrasi
  3. Stop merokon dan hindari asap seperti asap pabrik, knalpot dan bahan kimia
  4. Khusus untuk anak-anak berikan campuran madu dan lemon untuk meredakan nyeri tenggorokan
  5. Hindari konsumsi obat batu, kecuali pada malam hari ketika batuk mengganggu tidur
  6. Konsumsi obat tradisional bronkitis QNC GAMAT

Ketika beberapa hal tersebut dilakukan, namun gejala tidak meringankan atau bahkan terasa semakin berat maka segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan secara medis yang lebih tepat.

Demikianlah informasi tentang gejala bronkitis pada anak dan cara mengatasinya sendiri dirumah, semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *