Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Infeksi Paru Paru

Untuk anda yang menderita gejala infeksi paru paru maka inilah makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru agar tidak semakin parah atau kambuh.

Salah satu hal yang penting untuk diketahui agar penyakit yang diderita tidak semakin parah adalah makanan yang dilarang ( pantangan ), sehingga jangan sampai makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi malah anda konsumsi.

Dengan begitu maka anda bisa terhindari dari hal buruk yang bisa terjadi serta proses pengobatan yang sedang dijalani bisa berjalan maksimal.

Termasuk bagi anda yang kini sedang menderita penyakit infeksi paru paru.

Nah berbiacara mengenai pantangan makanan atau makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru, berikut adalah beberapa makanan tersebut.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Infeksi Paru Paru

Infeksi paru paru merupakan salah satu jenis penyakit paru yang perlu diatasi dengan serius karena jika tidak bisa berakibat fatal yakni bisa menyebabkan kematian utamanya pada anak dan bayi.

Mengingat infeksi paru paru menyerang salah satu organ terpenting dalam sistem pernapasan kita.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan agar penyakit infeksi paru paru yang diderita semakin parah adalah memperhatikan asupan makanan yang dikonsums.

Karena salah saja mengkonsumsi makanan maka penyakit paru paru bisa semakian parah dan kambuh sehingga sulit untuk disembuh.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru, yakni :

#1 Daging Kambing

Jika selama ini anda menyukai daging kambing, maka mulai sekarang anda stop mengkonsumsi daging kambing.

Karena daging kambing memiliki suatu zat yang dapat menyebabkan peradangan sehingga apabila anda penderita infeksi paru paru mengkonsumsinya maka infeksi yang terjadi akan semakin kronis

#2 Ikan Asin

Didalam ikan asin terdapat zat karsinogenik yang dapat memicu dan menyebabkan peradangan pada tubuh zat tersebut bernama nitrosamin.

Dengan begitu maka jika saat ini anda terdiaknosa menderita penyakit infeksi paru paru maka tidak boleh mengkonsumsi ikan asin.

Selain itu ikan asin juga memiliki kandungan berbahaya lainnya yang mampu membentuk virus Epstein-Barr serta mengembangkannya

#3 Terasi Merah

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan terasi merah karena sudah sangat populer bagi masyarakat indonesia.

Perlu anda ketahui didalam terasi merah terdapat kandungan rhodamin B yang merupakan sebuah zat penyebab iritasi di bagian sistem pernapasan.

Rhodamin B dalam terasi bersifat karsinogenik sehingga jika dikosumsi oleh anda penderita infeksi paru paru bisa semakin parah atau membuat penyakit infeksi paru paru anda kambuh.

#5 Alkohol

Hindarilah makanan yang memiliki kandungan alkohol tinggi seperti tape karena bisa membuat penyakit infeksi paru paru yang anda derita semakin parah.

#6 Makanan Manis

Untuk sementara sebaiknya anda menghindari beberapa makanan manis utamanya yang menggunakan gula halus.

Beberapa contoh makanan manis berbahajn gula manis adalah : sereal, puding, kue, gula putih dan roti putih.

#7 Kafein

Baik itu makanan atau minuman berkafein tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru utamanya bagi anda penderita TBC.

Mengingat kafein merupakan stimulan TBC, jadi sebaiknya bila Anda merasa bahwa Anda memiliki keluhan yang berkaitan dengan TBC, hindarilah makanan maupun minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Terkecuali teh hijau karena teh hijau tidak mengandung kafein bahkan teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang justru baik jika dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru.

#8 Makanan Penyebab Alergi

Jangan sesekali anda mencoba makanan yang justru dapat memicu alergi agar penyakit infeksi paru paru anda tidak semakin parah dan kambuh.

Beberapa contoh makanan yang bisa memicu alergi adalah : kedelai, gandum, ikan, kacang, susu sapi dan telur.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru sehingga penyakit yang diderta tidak semakin parah dan bisa dengan mudah diatasi.

Ingat perhatikan asupan makana yang anda konsumsi agar penyakit yang diderita tidak semakin parah.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *